50 PERSEN DANA BOS UNTUK GURU HONORER

#SahabatDikbud , Kemendikbud mengubah kebijakan transfer dana BOS untuk mempercepat pencairan dana. Mulai tahun ini proses penyaluran dana BOS ditempuh melalui transfer dana dari @kemenkeuri langsung ke rekening sekolah. Sebelumnya penyaluran harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi. Tahapan penyaluran akan dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap tahunnya dari sebelumnya empat kali per tahun.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, kebijakan tersebut diambil untuk membantu mengurangi beban administrasi Pemerintah Daerah dengan menyalurkan dana BOS dari Kemenkeu langsung ke rekening sekolah sehingga prosesnya lebih efisien. Selain itu, penetapan surat keputusan (SK) sekolah penerima dana BOS dilakukan oleh Kemendikbud, kemudian disusul dengan verifikasi oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota.

Sekolah juga diwajibkan untuk melakukan validasi data melalui aplikasi Dapodik sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Batas akhir pengambilan data oleh Kemendikbud dilakukan satu kali per tahun, yakni per 31 Agustus. Sebelumnya dilakukan dua kali per tahun, yaitu per Januari dan Oktober. Kebijakan ini tentunya aka mempersingkat mata rantai penyaluran dana BOS.

Selain hal tersebut, penggunaan dana BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah. Melalui kolaborasi dengan KEMENKEU dan KEMENDAGRI maka kebijakan ini akan menbantu meningkatkan kesejahteraan guru-guru honorer, tetapi apakah implementasinya akan berjalan sesuai yang diharapkan, itu sola lainn. Kita tunggu saja kebijakan masing-masing daerah. Semoga tidak sekedar janji manis belaka.

#MerdekaBelajar #BOS #BantuanOperasionalSekolah .

Diterbitkan oleh

Eka PGSD UM PURWOKERTO

Lektor Kepala di PGSD UM PURWOKERTO. Certified Instructor Hypnotherapyof IBH Hydoponiker,fotografer,writer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.