(10) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Oleh : Kurnia Dwi Astuti, Karma Iswasta Eka, Arifin Muslim

PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan prestasi belajar siswa. Partisipasi siswa di kelas V SD Negeri 1 Ketenger masih rendah, dikarenakan dalam pembelajaran siswa sering ngobrol dengan teman sebangkunya, cenderung diam ketika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan ketika guru memberikan pertanyaan siswa lebih banyak diam dan tidak merespon pertanyaan dari guru, akantetapi setelah diberikan pertanyaan berulang-ulang siswa baru menjawab dan itu hanya beberapa siswa yang menjawab serta guru lebih banyak menggunakan model ceramah. Hal tersebut mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Nilai siswa masih belum sesuai harapan dan masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model Double Loop Problem Solving (DLPS) materi peristiwa alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Ketenger yang terdiri dari 26 siswa dengan 12 Siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA melalui model Double Loop Problem Solving (DLPS) menunjukan adanya peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, partisipasi siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,75 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,38 %. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 69,2 % dan pada siklus II diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 88,46 %. Persentase partisipasi dan prestasi belajar siswa telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 80%. Kegiatan proses pembelajaran menggunakan model Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar IPA materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri 1 Ketenger.

 

Kata Kunci:               IPA, Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS), Partisipasi, Prestasi belajar siswa.

 

Diterbitkan oleh

Eka PGSD UM PURWOKERTO

Lektor Kepala di PGSD UM PURWOKERTO. Certified Instructor Hypnotherapyof IBH Hydoponiker,fotografer,writer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.