HARI BELAJAR SD 3 HARI

Di era Mendikbud Nadiem Makarim wacana sekolah 3 hari terus bergulir. Wacana ini dilontarkan oleh orang yang lebih dikenal dengan Kak Seto Mulyadi yg kini lebih cocok disebut Kek. Wacana ini dilontarkan berdasarkan pengalaman Kek Seto yang sudah mengelola home schooling lebih dari 10 tahun dengan jam pembelajaran 3 hari seminggunya.

“Nah kami sudah membuat percobaan sekolah selama 13 tahun ini. Sekolah seminggu hanya tiga kali. Per hari hanya tiga jam. Tapi lulusannya yang masuk Kedokteran ada di UI, Gajah Mada, dan Undip. Kemudian USU dan Unhas. ITB IPB ada,” jelas Kak Seto (4/12/2019).(sumber : kompas.com)

Sebagai pembanding, Kak Seto juga memiliki sebuah sekolah formal Mutiara Indonesia Internasional yang bekerja sama dengan Universitas Cambridge di Inggris dan telah berjalan sejak tahun 1982. Konsep yang terkesan baru dan nyeneh ini ttentu akan mendapatkan banyak respon, baik positiif maupun negatif dari para guru penggerak.

Jika benar diterapkan mulai periode mendatang yang menjadi pertanyaan apa yang akan dikerjakan para guru dan kepala sekolah selama 3 hari sisanya. Bagaimana pula dengan gaji dan tunjangan sertifikasi gurunya. Jika gaji dan tunjangan tetap utuh sementara hari kerja 3 hari jelas banyak didukung oleh para guru dan kepala sekolah. Bagaimana jika guru tetap masuk kerja selama 6 hari sementara murid hanya 3 hari ? Hal ini juga perlu pemikiran yang dalam terkait apa tugas dan tanggung jawab guru di 3 hari wakktu yang tersisa. Jangan sampai dengn konsep 3 hari sekolah. Justru bersifat kontra produktif. Nah untuk para guru selamat berpikir bagaimana memanfaatkan 3 hari yang lain jika tidak mengajar, apa senam tiap hari atau jogedan ?

Dari ramai wacana tersebut yang jadi viral kemudian Kek Seto menegaskan bahwa ia tak memaksa siswa masuk sekolah non-formal yang cuma perlu masuk tiga hari. Dia hanya memberi contoh soal keefektifan sekolah nonformal. “Saya bukan memaksa harus sekolah tiga hari, tidak. Saya hanya memberi contoh. Ini lho ada sekolah tiga hari. Per harinya hanya tiga jam. Tapi efektif kok,” ungkapnya.  Nah sekarang kembali pada pemeriintah apakah wacana yang sudah digulirkan mau ditangkap atau ditendang, kita tunggu tanggal mainnya.

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.