Green tourism menuju Kaligua

Kaligua merupakan area perkebunan teh yang berada di wilayah Kabupaten Brebes. Jika melihat wilayah Brebes memang memiliki alam yang cukup lengkap,mulai dari kawasan panatai sampai kawasan pegunungan. Salah satu tempat wisata yang mengandalakna keelokan alam sekaligus kesegaran hawa pegunungan adalah Kaligua. Kaligua merupakan perkebunan teh peninggalan Belanda yang sudah dirintis sejak tahun 1889.

Kaligua 3

Foto koleksi pribadi pemotretan 2009

Kebun teh kaligua berada di tinggian 1.500 – 2.050 m dpl dengan suhu antara 8 – 28 Celcius. Kebun teh ini merupakan sebuah kebun yang memiliki pemandangan yang sangat asri, hijau dan alami  dan tentunya bebas dari polusi, Perkebunan teh Kaligua  dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari kota Bumiayu dengan menggunakan transpotasi umum. Jika anda ingin menuju Kaligua dari arah selatan akan melewati Ajibarang, sebelum Bumiayu tepatnya di pertigaan Jalan Stasiun Kretek atau depan Toko sembako belok kanan, sedang dari arah utara melewati Bumiayu setelah gardu induk belok kiri.

img_4011

Jalan menuju Kaligua memang boleh dikatakan lumayan menantang,sehingga perlu cek kesehatan kendaraan,karena banyak tikungan tajam dan tanjakan yang curam. Anda ga usah menyesal karena kesulitan perjalanan akan terbayar jika sudah sampai di kawasan Kaligua. Udara yang sejuk segar bebas polusi ditambah pemandangan yang indah akan menyambut kedatangan anda. Lebih elok lagi jika datang di kawasan perkebunan saat pagi, yaitu saat aktivitas pemetik teh dimulai,karena banyak obyek yang menarik untuk diambil gambarnya.

Kaligua 1

Foto : koleksi pribadi

Apakah obyeknya hanya kebun teh saja ? Tentu saja tidak. Di area kaligua sudah didesain sebagai destinasi wisata sehingga banyak spot selfie yang tentunya menarik untuk digunakan sebagai background. Sebelum sampai Kaliguapun kita bisa menikmati ikan lele ribuan yang masih hidup alami di Telaga Renjeng. Lokasi Telaga Renjeng berada di daerah sebelum Kaligua jika menuju perkebunan teh, atau sesudah perkebunan jika perjalanan turun atau pulang. Ikan lele ini dimitoskan oleh penduduk setempat sehingga tidak ada yang berani mengambil untuk keperluan apapun. Jangan lupa juga jika kita sampai di Kaligua sempatkan mampir ke pabrik teh yang masih beroperasi penuh dan beli teh kualitas 1 yang hanya dijual di kawasan pabrik atau diexport, tidak ditemukan di pasar bebas di Indonesia. Rasanya tentu saja sedikit berbeda dengan teh sortiran yang kemudian dipasarkan di dalam negeri.

Kaligua 4

Foto : koleksi pribadi

kaligua

Foto : diambil dari bumn.go.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s