SEANDAINYA JADI GURU MENGGUNAKAN PAKEM

 (Artikel ini ditulis oleh Nurul Kartika,mahasiswa PGSD SMT 2, untuk memenuhi tugas mata kuliah MBS)

Guru adalah seseorang yang mempunyai tugas yang mulai,membagi ilmu yang mereka miliki kepada murid – muridnya yang sudah mereka anggap sebagai anak, membimbing murid – muridnya dengan sabar, yang selalu memotivasi agar murid – muridnya nanti menjadi orang – orang yang sukses, menjadi orang yang berguna dan tidak menyusahkan orang lain. Menjadi guru bukanlah hal yang mudah, diperlukan kesabaran dan pengetahuan yang banyak, pengetahuan bukan hanya pintar dibidangnya, tetapi alangkah baiknya seorang guru juga mengetahui pelajaran lain meskipun tidak sedalam pelajaran dibidangnya. Kesabaran seorang guru harus mempunyai kesabaran yang tinggi dalam membimbing semua muridnya, selalu sabar menghadapi tingkah murid yang malas dan nakal. Seorang guru mempunyai tanggung jawab yang besar, membuat anak didiknya menjadi pintar, karena itu sudah menjadi janji dan tugas seorang guru. Jadi sebagai seorang murid kita hendaknya menghargai seorang guru atas jasa  jasanya selama ini karena guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. 

Seandainya aku jadi guru, apakah aku bisa menjadi guru yang baik ,seorang guru yang selama ini menjadi idaman murid – muridnya. Seorang guru yang berperan sebagai sahabat, orang tua, dan guru kepada muridnya. Seandainya aku jadi guru aku ingin membuat dunia tersenyum oleh baktiku. aku ingin mengajarkan kepada anak yang susah mendapatkan pendidikan. Aku ingin berada ditengah – tengah mereka, ingin belajar bersama mereka dan merasakan segalanya. Seandainya aku jadi guru, aku juga ingin mengabdi di sekolah kusus anak – anak di dunia ini yang memiliki gangguan mental. Anak – anak tersebut mungkin ingin normal tapi mereka tidak bisa, walaupun begitu mereka tidak menyerah. Mereka akan terus semangat. Aku ingin membuat murid – muridku yakin bahwa dunia akan selalu tersenyum kepada mereka dan akan selalu menerima kekurangan mereka. Aku juga ingin agar muridku memiliki kemampuan IPTEK . Aku ingin murid didikku tidak akan pernah puas dengan prestasi yang telah dia ukir. Aku juga ingin agar mereka selalu rendah hati dan membentuk kepribadian islam kepada muridku kelak dan bisa membangun sebuah negara yang berlandaskan islam. 

Ketika saya akan menjadi guru saya akan menjadi tauladan yang baik untuk murid – murid didikku dan kesabaran dalam memberikan ilmu pengetahuan, kemauan, kerja keras dan potensi agar menjadi guru yang patut untuk dicontoh oleh anak didiknya. Saya akan berusaha untuk mengajarkan semua pengetahuan yang sudah saya dapat pada saat kuliah ,ingin menerapkan menggunakan PAKEM , untuk membuat murid bisa paham dan mengerti apa yang sudah saya ajarkan kepada mereka, dan saya akan mengajar dengan menajadi sahabat untuk anak didik saya sehingga mereka lebih gampang menerima apa yang sudah saya jelaskan kepada mereka. Ingin memperdalam bidang studi yang akan saya ajarkan yang tentunya tidak mengganggu pelajaran yang lain. saya juga akan selalu sabar menghadapi ketika ada siswa yang belum paham tentang mata pelajaran tersebut, dan saya sebagai guru harus mengajarkan ulang kembali , berusaha menjelaskan dengan rinci dan detail sampai dia mengerti dan paham. 

Dengan adanya pembelajaran PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Saya ingin menerapkan dengan pembelajaran tersebut , PAKEM yang dimaksudkan bahwa proses pembelajarn guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa dapat aktif bertanya, mempertanyakan dang mengemukakan pendapatnya. Pembelajaran inovatif bisa mengadaptasi dari model pembelajaran yang menyenangkan. Jika siswa sudah menanamkan hal ini dipikirannya tidak akan ada lagi siswa yang pasif dikelas, perasaan tertekan dengan tenggat waktu tugas, kemungkinan kegagalan, keterbatasan pilihan, dan tentu saja rasa bosan. Membangun metode pembelajaran inovatif sendiri bisa dilakukan dengan cara mengakomodir setiap karakteristik diri. Artinya mengukur daya kemampuan serap ilmu masing – masing siswa . dan hal tersebut disesuaikan pula dengan upaya penyeimbangan fungsi otak kiri dan otak kanan yang akan mengakibatkan proses renovasi mental, diantaranya bisa membangun rasa percaya diri 

Pembelajaran kreatif, kita sebagai calon guru agar bisa untuk mengajarkan dan melatihkan siswa untuk belajar kreatif dalam membuat kerajinan atau sebagainya, untuk memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa . dan pembelajaran menyenangkan yang dimaksudkan bisa membuat suasana belajar mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penih pada belajra sehingga waktu curah perhatiannya. Ditambah selingan bernyanyi atau bermain game yang bersangkutan dengan mata pelajaran tersebut agar siswa tidak mudah bosan dan mengantuk. Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. 

Ketika saya akan menerapkan pelajaran PAKEM tersebut untuk membuat siswa agar lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Untuk tidak bosan dalam hal mata pelajaran , kita harus bisa membuat siswa tersebut senang dan agar bisa betah dikelas maupun sekolah . dengan adanya PAKEM kita bisa menerapkannya dengan cara mendidik siswa yang lebih baik dan sabar , kita bisa mengajarkan dengan menggunakan alat bantu dan berbagai cara untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa. Bisa mengajarkan dengan yang lebih koperatif dan interaktif termasuk cara belajar dengan berkelompok ,siswa bisa mengemukakan pendapatnya ketika sedang diskusi.dan tidak hanya guru saja yang haru terus menerus ceramah , kita juga harus bisa membuat siswa aktif dan bisa mencari informsi serta bisa memecahkan masalah, hasil diskusi bisa kita presentasikan agar siswa yang lain bisa menangkap dan mendengarkan temannya ketika sedang berpresentasi. Kita terus membuat siswa lebih aktif , kreatif dan menyenangkan dan jangan lupa kita kasih selingan bernyanyi atau bermain game yang bersangkutan dengan mata pelajaran tersebut , untuk itu kita bisa menerapkannya ketika kita menjadi guru dan agar bisa membuat siswa senang dan tidak merasa bosan dan mengantuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s