GOLPUT BUKAN GOLHITS

Sekali ini web ini saya isi dengan nuansa politik karena rasa itu yang butuh penyaluran. Uneg-uneg perlu pelepasan

Fenomena golput jadi pembicaraan lagi ketika pejabat kita menyampaikan ancaman menggunakan UU ITE terhadap penyebar GOLPUT, tapi golput bukan berarti sedang menjadi GOLongan yang sedang ngeHITS. Saya tidak akan membahas masalah itu,tapi saya ingin sedikit flashback.

Trik foto di memori hp bikin lelet

Era 80-an saya termasuk anggota GOLPUT memang,dan masuk dalam kelompok diskusi Merah Putih,yang salah satu anggotanya bernama Rizal Malarangeng. Kelompok ini rutin melakukan diskusi di kampus UGM,karena memang mayoritas mahasiswa UGM. HAMPIR bisa dipastikan setiap diskusi pasti dihadiri intel, dan saya juga pernah diikuti, dan follower saya kelihatan ada kestol dibalik bajunya. Pada masa itu power Suharto masih sangat kuat,tidak ada yang berani melawan, itu era 80-90. Belum ada tanda-tanda reformasi sama sekali. Partaipun hanya ada 3, PPP,GOLKAR dan PDI. INi masa ORBA. Saya sendiri masih Golput sampai era Reformasi, dan baru ikut jadi pemilih setelah reformasi. Seiring dengan reformasi pula ketika pilihan presiden dipilih oleh rakyat saya juga menggunakan hak pilih.

Pilpres putaran berikutnya saat Mega berpasangan dengan Prabowo, jelas saya milih yang penting bukan Prabowo karena cerita soal Tim Mawar dan penculikan aktivis, yang penting tidak golput lagi,meski menurut Mahfud MD golput juga konstitusional asal tidak dikampanyekan. Mas Jok kan belum ada apa-apanya waktu,itu masih di Solo. Ketika tinggal di Solo 2 tahun saya jadi tahu bagaimana sepak terjangnya ketika jadi wali kota, dan main kagum ketika mulai mempopulerkan ESEMKA, meskipun belum ada tanda-tanda nyapres. Maka ketika diusung ke Jakarta saya juga mendukung meski tidak punya hak pilih. Perjalanan berlanjut ketika pada pilpres selanjutnya berhadapan antara Prabowo dan Mas Jok. Saya memilih mas Jok karena 2 hal, pertama masih asal bukan Prabowo dan kedua masih beerharap soal ESEMKA.

Bagaimana dengan putaran sekarang. Awalnya saya akan kembali Golput karena,harapan ESEMKA ternyata hanya fatamorgana, alasan lainnya karena janji-janjinya dulu yang tidak ditunaikan, kemudian melihat langsung bagaimana Papua, mendengar cerita mantan anggota Jasmev, mendengar bagaimana permainan uang terkait jabatan di lingkaran 1 (yang akhirnya terbukti dengan OTT, mungkin ini baru pembuka)., melihat statusnya yangg hanya petugas partai dll, melihat wakilnya yang sudah seharusnya cukup jadi guru bangsa saja, melindungi umat dari golongan manapun tapi malah ikut terjun juga,tapi pilih Prabowo belum meski ada ijtima ulama.

Saya bukan pendukung pendeng gepeng,bukan pendukung fanatik yang membabi buta. Jika milih 01 tidak milih 02 mboten, apa Golput lagi ? Tidak saya memilih tidak Golput lagi, maka saat itulah saya mencari segala informasi terkait Prabowo. Akhirnya saya tahu bahwa Prabowo adalah jenderal yang mengambil alih tanggung jawab soal penculikan, yang biasanya saling lepas tangan kalau ada persoalan. Akhirnya tahu bahwa itu adalah salah satu resiko yang harus diambil terkait sistem.Makin banyak informasi yang terkait dengan Prabowo justru menguatkan tekad untuk memilih 02. Allah maha segalanya,Allah yang menentukan, KUN FAYAKUN, kalau dikehendaki pasti akan terpilih, tetapi jika tidak, setidaknya sudah mencoba untuk mengganti pilihan dengan memilih 02, PAS kan ?

Bagi subscriber web saya,jika beda pilihan maaf,sah-sah saja kita beda pilihan asal tetap Indonesia,NKRI. Salam 2 jari.

Diterbitkan oleh

Eka PGSD UM PURWOKERTO

Lektor Kepala di PGSD UM PURWOKERTO. Certified Instructor Hypnotherapyof IBH Hydoponiker,fotografer,writer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.