MINUM KOPI CARA SEHAT

Dulu saya tidak suka minum kopi, klo toh minum kopi belum tentu sebulan sekali, Mengapa ? Saya jika minum kopi perut rasanya ga nyaman seperti kembung,kadang bahkan mual. Apa yang salah dengan perut saya ? Ternyata hal itu berbalik ketika suat saat, sekitar 6 tahun yg lalu menemukan sebuah artikel yang menyebutkan bahwa minum kopi juga baik untuk kesehatan, terutama kesehatan janting jika minumnya hanya 2 kali, pagi dan sore,tidak lebih tidak kurang.

Saya mulai mencoba belajar minum kopi sambil belajar cara membuat kopi yang enak tapi tidak membuat perut mual. Ternyata apa yang saya baca itu benar. Sudah 6 tahun ini minum kopi belum pernah merasakan perut kembung. Cara membuat kopi yang sehat dan baik terbyata juga tidak asal mendidih. Air yang baik untuk menyeduh kopi adalah jika suhunya tidak lebih dari 80 derajat celsius. Ohhh selama ini salah to kalau menyeduh dengan air mendidih. Selain itu asal kopi,ketinggian tempat, macam tanaman di sekitar kopi,cara roasting,cara menyeduh berpengaruh terhadap rasa kopi. Alhamdulillah sudah merasakan kopi dari Aceh sampai Papua,dan memang rasanya berbeda-beda. Mana yang paling enak . Tergantung selera, tapi saya lebih suka dengan Kotor (Toraja) dan Banyuatis (Bali). Mengapa Kopi, bukan teh ? Sempat juga sih rutinitas minum teh dengan 3 macam jenis teh yang dicampur selama bertahun-tahun, karena teh 1 merek dengan kombinasi rasanya lebih enak kombinasi, tapi kini cukup Kopi.

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat termasuk teh. Dengan mengonsumsi kopi seseorang akan merasa lebih segar, terjaga, dan perasaan lemas menjadi hilang. Namun, tidak sedikit juga yang mengeluhkan kopi karena terlalu banyak mengandung kafein. Jadi, sebenarnya mana yang benar, kopi bermanfaat untuk tubuh atau tidak? Sebenarnya apa saja yang bermanfaat untuk tubuh bisa jadi berbalik merugikan kalau dikonsumsi dengan salah. Yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara mengonsumsi kopi dengan benar dan takarannya tepat. Dengan minum kopi yang takarannya tepat justru membuat kinerja jantung terpacu,jadi ada SEMANGAT gitu. Mari ngopi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.