Sikidang, Telaga Warna dan Candi Arjuna

Maaf para pembaca setia blog ini,jika cerita dari Sikunir ke lokasi berikutnya terpaut jauh. Harap maklum karena banyaknya pekerjaan tidak sempat buka blog. Baru sekarang nih bisa menambahkan cerita dalam satu rangkaian dengan Sikunir.

Salah satu destinasi berikutnya adalah Telaga Warna yang dapat dicapai dalam perjalanan pulang dari Sikunir. Namun jangan membayangkan TA di dataran tinggi dieng itu seperti TAnya NTB yang memnag mempunyai 3 warna. TA di Dieng warnanya hanya satu saja,hanya bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi telaganya yang bisa hijau atau putih. Dalam kunjungan ini saya hanya menemukan warna yang hijau saja. TA ini dikelola oleh swasta,sehingga jika dibandingkan dengan fasilitas yang ada dengan biaya masuknya tergolong mahal,tidak sebanding antara biaya dan fasilitas. Spot foto yang bisa digunakan,apalagi pada saat musim kering ya hanya sekitaran taman saja,sedang TAnya sendiri relatif kurang bagus. Sarana pendukung boleh dikatakan kurang, sehingga sebetulnya jika ke TA ini ya hanya melihat warna air yang hijau dan pepohonan saja,karena mau disebut taman juga kurang keindahnnya dibanding dengan golden flowernya Malang misalnya.

Dari telaga warna bisa dilanjutkan ke kawah Sikidang dan candi Arjuna yang merupakan satu paket dengan biaya hanya Rp.15000 saja. Jika dibanding dengan TA paket kawah Sikidang dan Candi Arjuna ini murah dan fasilitasnya lebih mendukung. Spot foto di kawah Sikidang lumayan beragam dan fasilitas pendukungnya juga banyak. Di sini kita bisa pesan telur yang dimasak menggunakan air kawah dengan harga Rp.10.000 per butir dan juga bisa sewa motor trail jika ingin mencoba bermotor di sekitar kawah. Sebaiknya anda pakai masker sebelum masuk area kawah karena bau belerangnya sangat menyengat. Soal harga kenang-kenangan maupun buah tangan sudah lebih mahal dibanding dengan kawasan si Kunir, oleh karena itu jika ingin beli oleh-oleh sebaiknya belilah di kawasan si Kunir,karena harga di sini bukan standar harga tempat wisata,misal makan mendoan harga 1000,minum kopi cuma 5000. Haarga ini sama saja dengan harga di luar kawasan wisata. Harga sudah akan naik jika anda beli di luar kawasan si Kunir.

Dari Sikidang kita bisa melanjutkan ke Candi Arjuna yang sudah tidak perlu membayar biaya masuk lagi. Kawasan Candi Arjuna pemandangannya lumayan sejuk dan bagus. Kita tidak hanya bisa berfoto di candinya saja,tetapi juga taman yang ada di sini ditata dengan apik. Kita juga bisa berfoto dengan background kawasan pegunungan yang lumayan bagus jika mendapatkan cahaya matahari yang baik. Candi Arjuna merupakan candi peninggalan Hindu yang ukurannya termasuk mungin jika dibandingkan dengan candi Prambanan misalnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s