PARADIGMA BARU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Prof.Dr.Tanto Sukardi,M.Hum hari ini Rabu tanggal 14 Maret 2018 dikukuhkan menjadi guru besar baru di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Guru Besar baru ini adalah dosen Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang juga merupakan dosen Kopertis wilayah VI yang diperbantukan di UMP. Prof Tanto Sukardi merupakan guru besar ke dua untuk prodi Pendidikan Sejarah dan ke tiga untuk FKIP.
klikwa.com/informasinyadong

Prof Dr. Tanto Sukardi dilahirkan di desa Glempangpasir Kabupaten Cilacap pada tahun 1954. Masa kecil Tanto, begitu biasa dipanggil dibesarkan dari keluarga petani di desa. Sejak kecil sampai SMA di selesaikan di Cilacap,dan sarjana muda serta sarjananya diselesaikan di IKIP Yogyakarta,sekarang menjadi UNY. Setelah lulus dari IKIP sempat menjadi guru di MAN Yogyakarta dan kemudian menjadi dosen di IKIP PGRI Yogyakarta sebelum akhirnya pindah dan menetap di Purwokerto menjadi dosen di IKIP Muhammadiyah Purwokerto yang kemudian menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. S2 diselesaikan di UGM dan S3 diselesaikan di UPI Bandung.

Mau tahu ? silahkan klik di sini

Tanto Sukardi dalam pidato pengukuhannya menyampakan tema PARADIGMA BARU PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN TUNTUTAN INIVASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM ERA GLOBALISASI. Inti pidato pengukuhannya Tanto menyampaikan bahwa kharakteritik sistem pendidikan yang dibutuhkan di Indonesia dalam era globalisasi mencakup 3 hal, yaitu (1) Target dan sasaran sistem pendidikan yang dibangun harus mampu menghasilkan agen perubahan. (2) Sistem pendidikan yang dikembangkan harus mampu sebagai pengembang sikap toleransi dan saling pengertian peserta didik. (3) Sistem pendidikan yang dibangun harus mampu mnegembangkan proses pendidikan secara profesional.

Oleh karena itu sebagai konsekuensi dari perkembangan yang terjadi, pemerintah dituntut untuk melakukan inovasi sistem pendidikan sesuai dengan tuntutan perubahan dalam suatu pola pembinaan,yang menempatkan pendidikan sebagai : 1) bagian integral dari pembangunan nasional dan daerah, 2) penghubung natara dunia IPTEK dan kebutuhan masyarakat, 3) upaya pengembangan pola analitik yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pandangan masa depan, 4) bentuk partisipasi dalam perbaikan dan pnegmebangan mutu kehidupan dan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan penerapannya, 5) upaya yang memungkinkan pengembangan seluruh kemampuan serta kepribadian manusia,mobilitas dalam memperoleh pengalaman, diversifikaso, demokratisasi dalam pendidikan,proses belajar,mobilisasi sumber masyarakat untuk pendidikan (dikutip dari Brodjonegoro,2001).

Tanto Sukardi sebagai guru besar baru bidang pendidikan sejarah pada akhirnya akan memberikan nuansa baru,cakrawala baru untuk pengembangan UMP pada umumnya dan FKIP pada khususnya. Akhirnya admin ucpakan SELAMAT KEPADA PROF.DR.TANTO SUKARDI,M.Hum atas diraihnya posisi puncak di bidang profesionalisme seorang dosen,yaitu menjadi Guru Besar yang tentu akan makin berat tanggung jawabnya (eka2001id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.