KETIKA EMPATI ORANG MUDA SIRNA

Dahulu orang Indonesia terkenal akan sopan santunnya,adab ketimurannya yang menghargai orang tua dan berkebutuhan. Ketika bus antar kota masih penuh dengan penumpang,menjadi pemandangan yang biasa ketika orang muda yang sudah duduk mengalah dan memberikan tempat duduknya kepada orang yang jauh lebih tua,atau orang sakit dan wanita hamil. Apakah sikap dan budaya itu sudah luntur ? Saya kira belum,tetapi banyak orang-orang muda yang sudah tidak peduli dengan itu semua. Berkali-kali netizen menumpahkan kekesalannya terhadap orang-orang yang “tak tahu diri” seperti itu,tetapi masih saja terjadi. Terakhir seorang wanita muda yang duduk di KRL Bogor Jakarta dan merasa mempunyai hak tempat duduk, yang tanpa kesadaran dan akhirnya diminta seorang petugas keamanan untuk memberikan tempat duduknya kepada wanita hamil tersebut. Si perempuan muda tersebut akhirnya memberikan kursinya. Selesai ? Ya selesai pada saat itu,tapi ternyata si wanita menumpahkan kekesalannya melalui facebook, dan inilah yang memicu kekesalan netizen. Berikut cuplikan kata-katanya yang menunjukan ketidak pedulian pada wanita hamil.


Di sini yang mau gue pertanyakan adalah kenapa ibu-ibu hamil berhak atas bangku tempat duduk gue? Kenapa ibu hamil selalu menjadi prioritas? Iya sih mereka emang lagi hamil, iya di perutnya ada anaknya, tapi nggak begini! Gue di Bogor juga usaha cari tempat duduk, bahkan kalau lagi penuh-penuhnya harus rebutan dan dengan tanpa bersalahnya direbut sama ibu-ibu hamil. Semakin lama gue semakin gak respect sama ibu-ibu hamil. Bener-bener udah yang semuak itu! Masalahnya di setiap gerbong udah disediain kursi prioritas yang emang disediakan untuk ibu-ibu hamil dan yang bawa anak tapi ibu-ibu hamil yang sering gue temuin lebih milih ambil hak orang lain dengan “ada ibu hamil, bisa kasih kursi nggak?” Itu dia bilang sendiri dan dari dia masuk. Sebenarnya yang kurang waras gue atau dia?!

gunakan aplikasi yang memberikan penghasilan pada kita, klik di sini

Gue nggak apa-apa kalau tempat duduk gue diambil buat orang lain yang lebih membutuhkan tapi enggak buat ibu hamil. Sori, udah terlalu gedeg sama ibu-ibu kaya gini. Ya walau nggak semua dan tergantung ke masing-masing orangnya sih. Gue lebih suka ngasih tempat duduk gue ke orang lanjut usia dan penyandang disabilitas. Yah mungkin orang kira gue berhati batu tapi in ‘kan pilihan, silahkan aja kalau mau ngasih ibu-ibu hamil tapi saya enggak.”

Patut disayangkan kekesalan itu ditumpahkan di medsos yang akhirnya menjadi bumerang. Apakah dia tidak menyadari bahwa dirinya seorang wanita dan suatu saat juga akan hamil. Bagaimana lerasaan dia jika suatu saat nanti juga dia diperlakukan dengan hal sama. Siapa menabur angin akan menudai badai, dia berbuat seperti itu,suatu saat nanti juga dia akan mendapatkan perlakuan yang sama. Oleh karena itu bagu yang masih muda pertahankan etika,sopan santun,dan adat ketimuran kita,meskipun di medsos, kecuali anda ingin mendapat hujatan dari netizen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s