HATI-HATI MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Ujian sekolah SLTA sudah berlalu,dan kini para lulusannya sibuk  mencari perguruan tinggi. Banyak perguruan tinggi menawarkan berbagai kelebihan dan kemudahnnya,termasuk peeguruan tinggi katagori abal-abal, perguruan tinggi yang kampusnya sekedar numpang di ruko. Sayangnya banyak para calon mahasiswa,bahkan juga orang tua yang tidak memahami dan mengerti tentang akreditasi sebuah perguruan tinggi.

Sebuah perguruan tinggi wajib memenuhi persyaratan tertentu agar bonafiditasnya diakui oleh pemerintah,dan juga masyarakat. Oleh karena itu akreditasi menjadi hal yang wajib bagi institusi perguruan tinggi. Kini selain akreditasi program studi juga ada akrditasi institusi. Jenjang akeditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ada 3 katagori, yaitu A sebagai akrditasi tertinggi dengan nilai di atas 360, berikutnya B dan yang paling rendah adalah C. Berdasarkan aturan baru,kini setiap perguruan tinggi yang baru berdiripun jika mendapatkan ijin operasional otomatis mendapat akreditasi C sambil mempersiapkan untuk akreditasi yang sesungguhnya.

mengumpulkan recehan jadi jutaan,klik di sini

Sayangnya banyak calon mahasiswa tidak memperhatikan masalah akreditasi,padahal akreditasi institusi adalah nafas hidup bagi alumninya nanti. Banyak lembaga pemerintah dan perusahaan swasta menerapkan aturan ketat terkait dengan akreditasi ini. Salah satu hal yang bisa mengganjal bagi lulusan prodi dengan akreditasi C adalah persyaratan mendaftar sebagai pegawai dengan syarat akreditasi prodi/jurusan minimal B. Oleh karena itu hal inilah yang seharusnya dicermati oleh para mahasiswa dan orang tua. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.