HARI SEKOLAH

Permendikbud No 23 Tahun 2017 tentang hari sekolah menjadi 5 hari tujuannya adalah untuk pembentukan karakter bangsa. Penguatan pendidikan karakter, dalam rangka
mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan
globalisasi. Dengan demikian pendidikan karakter dapat terestorasi di
sekolah. Di samping itu agar guru lebih mudah memenuhi beban kerjanya (tidak mengejar
pelaksanaan pembelajaran di luar satuan administrasi
pangkalnya). 5 Hari Sekolah menyelaraskan hari kerja guru  dengan hari kerja PNS (Keppres No. 68/1995).

Berikut  ini panduan secara lengkap tentang hari sekolah, silahkan diunduh dalam format pdf di sini.

Hari sekolah

bisnis recehan hasil jutaan klik di bawah ini

Bisnis recehan yang sesuai syariah hasilnya melimpah

MULAILAH DIET GULA MESKI SEHAT

Mengurangi gula harus menjadi gaya hidup agar dapat memberi dampak yang signifikan.

Dream – Kebiasaan makan makanan manis bisa merusak kesehatan. Mulai dari menambah berat badan, meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, sekaligus menyebabkan diabetes. Bahkan ada yang menganggap sama bahayanya dengan merokok.

Diet gula tidak dapat dilakukan selama beberapa waktu saja seperti halnya detoks pada umumnya. Mengurangi gula harus menjadi gaya hidup agar dapat memberi dampak yang signifikan.

Proses diet gula tidak akan mudah, sama halnya dengan mereka yang terbiasa minum kopi dan harus berhenti. Di awal –awal proses Anda bisa merasa lesu dan mudah uring-uringan.

Penelitian menunjukkan reaksi ini mirip dengan reaksi otak yang kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang.

Manfaat dari mengurangi gula yang akan Anda rasakan adalah meningkatnya tingkat energi  sehingga Anda tidak mudah kelelahan. Seiring waktu keinginan untuk mengonsumsi gula juga akan menghilang.

Dalam jangka panjang risiko terkena penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes akan menurun.

Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi gula secara bertahap. Mulai dari mengurangi di satu jam makan sehari kemudian bertambah pada jam makan berikutnya. Secara keseluruhan jumlah gula yang boleh dikonsumsi orang dewasa dalam satu hari adalah 50 gram (empat sendok makan) gula, menurut Kementerian Kesehatan RI.

Menurut laman dailyburn.com, sangat wajar pada proses awal mengurangi gula ini Anda ingin sekali memakan makanan manis. Biasanya keinginan ini akan muncul di sore atau malam hari.

Atasi dengan makan satu atau dua potong buah segar. Meskipun buah-buahan juga mengandung gula, tapi aman dikonsumsi karena buah juga kaya akan kandungan lainnya seperti serat, vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat memperlambat proses pelepasan gula dalam darah. 

Dukung proses gaya hidup sehat Anda dengan mengonsumsi asupan kesehatan tambahan yang tepat. Melabic asupan kesehatan tambahan jenis herbal yang berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah tetap dalam batas aman.

Melabic terbuat dari 100 persen bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi baik oleh penderita diabetes maupun mereka yang ingin menjaga kesehatan karena tidak memiliki efek samping. Dengan terapi sel beta pankreas Melabic bekerja dengan aksi ganda. 

Sumber : Paytren Media

http://www.paytrenpurwokerto.id

Pekan Film Mahasiswa

Yth.

  1. Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
  2. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XIV

Dalam rangka pengembangan kreativitas, minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni khususnya film, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, melaksanakan program Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2017.

Festival film tahun ini secara khusus didedikasikan bagi kesatuan dan persatuan bangsa yang diaktualisasikan dalam tema yang dipilih yaitu “Pengamalan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”.  Melalui festival ini diharapkan dapat memberi ruang ekspresi bagi pembentukan pola pikir, sikap, dan perilaku yang positif dan lebih mencintai bangsanya.

Berdasarkan perihal di atas, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa mengundang mahasiswa yang terdaftar dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang seni/film untuk berpartisipasi dalam kegiatan FFMI 2017.

Mohon bantuan Saudara untuk dapat menyampaikan dan atau mendorong UKM untuk mengikuti dan mengirimkan hasil karyanya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jenis film yang dilombakan adalah Fiksi/ Film Pendek.
  2. Durasi film minimal 5 (lima) menit, maksimal 30 (tiga puluh) menit, berwarna dan bersuara.
  3. Pembuatan tahun 2016 dan 2017.
  4. Dibuat oleh organisasi mahasiswa khususnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
  5. Produser, sutradara, dan penulis skenario/naskah film adalah mahasiswa aktif terdaftar di PD-Dikti.
  6. Apabila film menggunakan dialog/narasi bahasa daerah atau asing, maka harus diberi subtitle Bahasa Indonesia.
  7. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu film.
  8. Film yang pernah diikutsertakan ke dalam festival lain tidak boleh diikutsertakan lagi di festival ini.
  9. Musik/lagu, yang digunakan dalam film tidak diperkenankan menggunakan ciptaan orang lain, kecuali ada ijin tertulis, termasuk penggunaan cuplikan gambar/klip.
  10. Karya dikirim dengan data file dalam flash-disk format MOV/MP4 serta wajib menyertakan tautan URL Youtube, dikirimkan ke panitia dengan alamat:
    Direktorat Kemahasiswaan,Gedung D Lantai 4 Jl. Jenderal Sudirman Pintu Satu Senayan Jakarta,  disertai Formulir Keikutsertaan, Surat Pernyataan dan SK organisasi mahasiswa/UKM paling lambat tanggal 7 Agustus 2017.
  1. Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta lomba. Khusus untuk kepentingan publikasi festival, penyelenggara dapat menggunakan cuplikan, sebagian materi dari karya peserta.
  2. Keputusan juri bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat.
  3. Jika dikemudian hari ternyata didapatkan bukti bahwa karya pemenang bukan karya sendiri, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan serta hadiah yang sudah diberikan.
  4. Disediakan total hadiah Rp75.000.000,- (Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah) dan piagam penghargaan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik diucapkan terima kasih.

 

Direktur Kemahasiswaan,

KETIKA EMPATI ORANG MUDA SIRNA

Dahulu orang Indonesia terkenal akan sopan santunnya,adab ketimurannya yang menghargai orang tua dan berkebutuhan. Ketika bus antar kota masih penuh dengan penumpang,menjadi pemandangan yang biasa ketika orang muda yang sudah duduk mengalah dan memberikan tempat duduknya kepada orang yang jauh lebih tua,atau orang sakit dan wanita hamil. Apakah sikap dan budaya itu sudah luntur ? Saya kira belum,tetapi banyak orang-orang muda yang sudah tidak peduli dengan itu semua. Berkali-kali netizen menumpahkan kekesalannya terhadap orang-orang yang “tak tahu diri” seperti itu,tetapi masih saja terjadi. Terakhir seorang wanita muda yang duduk di KRL Bogor Jakarta dan merasa mempunyai hak tempat duduk, yang tanpa kesadaran dan akhirnya diminta seorang petugas keamanan untuk memberikan tempat duduknya kepada wanita hamil tersebut. Si perempuan muda tersebut akhirnya memberikan kursinya. Selesai ? Ya selesai pada saat itu,tapi ternyata si wanita menumpahkan kekesalannya melalui facebook, dan inilah yang memicu kekesalan netizen. Berikut cuplikan kata-katanya yang menunjukan ketidak pedulian pada wanita hamil.


Di sini yang mau gue pertanyakan adalah kenapa ibu-ibu hamil berhak atas bangku tempat duduk gue? Kenapa ibu hamil selalu menjadi prioritas? Iya sih mereka emang lagi hamil, iya di perutnya ada anaknya, tapi nggak begini! Gue di Bogor juga usaha cari tempat duduk, bahkan kalau lagi penuh-penuhnya harus rebutan dan dengan tanpa bersalahnya direbut sama ibu-ibu hamil. Semakin lama gue semakin gak respect sama ibu-ibu hamil. Bener-bener udah yang semuak itu! Masalahnya di setiap gerbong udah disediain kursi prioritas yang emang disediakan untuk ibu-ibu hamil dan yang bawa anak tapi ibu-ibu hamil yang sering gue temuin lebih milih ambil hak orang lain dengan “ada ibu hamil, bisa kasih kursi nggak?” Itu dia bilang sendiri dan dari dia masuk. Sebenarnya yang kurang waras gue atau dia?!

gunakan aplikasi yang memberikan penghasilan pada kita, klik di sini

Gue nggak apa-apa kalau tempat duduk gue diambil buat orang lain yang lebih membutuhkan tapi enggak buat ibu hamil. Sori, udah terlalu gedeg sama ibu-ibu kaya gini. Ya walau nggak semua dan tergantung ke masing-masing orangnya sih. Gue lebih suka ngasih tempat duduk gue ke orang lanjut usia dan penyandang disabilitas. Yah mungkin orang kira gue berhati batu tapi in ‘kan pilihan, silahkan aja kalau mau ngasih ibu-ibu hamil tapi saya enggak.”

Patut disayangkan kekesalan itu ditumpahkan di medsos yang akhirnya menjadi bumerang. Apakah dia tidak menyadari bahwa dirinya seorang wanita dan suatu saat juga akan hamil. Bagaimana lerasaan dia jika suatu saat nanti juga dia diperlakukan dengan hal sama. Siapa menabur angin akan menudai badai, dia berbuat seperti itu,suatu saat nanti juga dia akan mendapatkan perlakuan yang sama. Oleh karena itu bagu yang masih muda pertahankan etika,sopan santun,dan adat ketimuran kita,meskipun di medsos, kecuali anda ingin mendapat hujatan dari netizen.

ATURAN LIMA HARI SEKOLAH

Jakarta, Kemendikbud — Kebijakan lima hari sekolah yang akan diterapkan mulai tahun pelajaran 2017/2018 tidak mengubah kurikulum yang sudah berjalan. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, dalam jumpa pers di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, Rabu (14/6/2017).Hamid mengatakan, bagi sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 dengan benar, tidak sulit menerapkan pembelajaran delapan jam sehari. Karena ketentuan untuk mengisi kegiatan belajar mengajar selama satu hari yang mencakup intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, sudah dijalankan.

“Misalnya di SMP, kalau melaksanakan K13 dengan benar, (siswa) jam tiga baru pulang. Sesuai dengan kebijakan delapan jam sehari ini,” katanya.

Bagi sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), penerapan delapan jam sehari disesuaikan dengan beban kurikulumnya. Namun bagi sekolah yang belum mampu untuk menerapkan lima hari seminggu, tetap dapat melaksanakan pembelajaran selama enam hari namun tidak delapan jam sehari, melainkan 6,5 jam/hari.

mlm syariah, mungkinkah? klik di sini

Sekolah yang belum siap menerapkan lima hari sekolah tidak dipaksakan untuk langsung melaksanakan di tahun ini. Kesiapan sekolah dinilai oleh dinas pendidikan setempat dan dilaporkan ke Kemendikbud. Penilaian yang dilakukan mencakup sumber daya, akses transportasi, sarana dan prasarana.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 tahun 2017 tentang Hari Sekolah, jika sumber daya, akses, sarana dan prasarana di sekolah belum memadai, maka pelaksanaan lima hari sekolah dilakukan secara bertahap.

Ada dua pola yang digunakan dalam menerapkan lima hari sekolah, yaitu pola tunggal dan pola kerja sama. Sekolah yang menggunakan pola tunggal, menyelenggarakan atau mendisain sendiri kegiatan bagi siswa terutama yang fokus pada pembinaan karakter. Sedangkan pada pola kerja sama, pembinaan karakter melibatkan pihak luar yang petunjuk teknis (juknis)nya sedang dirintis dan disusun. 
sumber : Syafnelly, pengelola web kemdikbud

Ribuan buku gratis

Mohon bantu untuk disebarkan!======================

Menyongsong semester baru untuk anak sekolah. 

Tahukah Anda, bahwa Pemerintah sudah menyediakan lebih dari 2000 Buku Pelajaran Sekolah Gratis untuk tingkat K-12 (SD,SMP,SMA & SMK), baik untuk Kurikulum 2013, dan KTSP 2006.
Buku-buku ini bisa didownload dengan gratis di:

http://BukuSekolahDigital.com

Juga sudah tersedia Mobile App untuk membaca 2000 Buku Pelajaran tsb lewat Smartphone dan Tablet, tersedia dalam platform : IOS, Android & Windows.

Silakan download mobile app gratis dari :

http://BukuSekolahDigital.com/mobile

Sebarkan info ini kepada teman, kenalan, dan siapa saja yang membutuhkan buku-buku pelajaran yang sudah disediakan oleh Pemerintah Indonesia dengan gratis, agar seluruh siswa Indonesia bisa mendapatkan banyak ilmu dengan biaya yg minim, bahkan gratis.

Majulah Pendidikan Indonesia. ************

HATI-HATI MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Ujian sekolah SLTA sudah berlalu,dan kini para lulusannya sibuk  mencari perguruan tinggi. Banyak perguruan tinggi menawarkan berbagai kelebihan dan kemudahnnya,termasuk peeguruan tinggi katagori abal-abal, perguruan tinggi yang kampusnya sekedar numpang di ruko. Sayangnya banyak para calon mahasiswa,bahkan juga orang tua yang tidak memahami dan mengerti tentang akreditasi sebuah perguruan tinggi.

Sebuah perguruan tinggi wajib memenuhi persyaratan tertentu agar bonafiditasnya diakui oleh pemerintah,dan juga masyarakat. Oleh karena itu akreditasi menjadi hal yang wajib bagi institusi perguruan tinggi. Kini selain akreditasi program studi juga ada akrditasi institusi. Jenjang akeditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ada 3 katagori, yaitu A sebagai akrditasi tertinggi dengan nilai di atas 360, berikutnya B dan yang paling rendah adalah C. Berdasarkan aturan baru,kini setiap perguruan tinggi yang baru berdiripun jika mendapatkan ijin operasional otomatis mendapat akreditasi C sambil mempersiapkan untuk akreditasi yang sesungguhnya.

mengumpulkan recehan jadi jutaan,klik di sini

Sayangnya banyak calon mahasiswa tidak memperhatikan masalah akreditasi,padahal akreditasi institusi adalah nafas hidup bagi alumninya nanti. Banyak lembaga pemerintah dan perusahaan swasta menerapkan aturan ketat terkait dengan akreditasi ini. Salah satu hal yang bisa mengganjal bagi lulusan prodi dengan akreditasi C adalah persyaratan mendaftar sebagai pegawai dengan syarat akreditasi prodi/jurusan minimal B. Oleh karena itu hal inilah yang seharusnya dicermati oleh para mahasiswa dan orang tua. Semoga bermanfaat.

Kekuatan besar di tansh Haram

Sebuah pertanyaan besar yg muncul dari kepala adalah dimana sebenarnya pusat bumi itu. Ketika muncul foto-foto citra satelit yang menunjukan bersinarnya tanah haram,beberapa yg tidak percaya menganggap bahwa itu efek dari cahaya lampu karena tanah haram selalu hidup dalam 24 jam. Barangkali tulisan seorang geologist ini akan membuka wawasan baru kita.

Berikut saya copykan tulisan yang membuka wawasan baru.Semoga bermanfaat

Ade Dorojatun (Geologist)

Apalagi yg sll diperhatikan seorg geologist ketika mngunjungi suatu daerah baru kl bukan memperhatikan batu…, & itulah yg saya lakukan ketika saya dtg utk pertama kali ke tanah suci…

Ketika pertama kali datang ke tanah suci Makkah &  Madinah, persepsi saya tentang padang pasir di daerah Hijaz dimana Makkah &  Madinah berada, berubah sama sekali. Sebelum saya datang kesana, dalam benak saya padang pasirnya akan mirip dengan yg pernah saya kunjungi seperti di Utah USA, Dubai UAE atau di Gobi Cina yang didominasi oleh batuan sedimen pasir. Tapi di Hijaz, ternyata bukit-bukitnya adalah batuan vulkanik..!!  

Bagi saya, Hijaz adalah padang batu bukannya padang pasir. Kunjungan saya kebeberapa bukit tempat jejak Rasul SAW, seperti bukit  gua Hira,  membuktikan bahwa memang bukit-bukit yang saya lihat dari kejauhan itu adalah batuan vulkanik.

Mengumpulkan recehan jadi jutaan, klik di sini
Juga kunjungan saya di daerah perbukitan Madinah. Perjalanan darat dari Madinah ke Makkah pp semakin memperjelas bahws bukit-bukit  batuan tersebut adalah batuan vulkanik. Ketika saya naik pesawat dari  Jeddah ke Madinah pp, semakin terlihat kalau bukit-bukit tersebut adalah perbukitan hasil proses vulkanik, terutama karena  bentuknya yang seperti kerucut dengan jejak aliran magma & lahar, mirip dengan gunung api 🗻 di Jawa, hanya ukurannya saja yg lebih kecil.

 Timbul pertanyaan di benak saya, proses tektonik apa yg menyebabkan batuan vulkanik ini ada di permukaan Hijaz ? Masih aktifkah proses vulkanik / tektonik yang mengontrolnya..? 

Saya langsung mencari informasi tentang geologi di Hijaz & betapa terkejutnya saya ketika mengetahui bahwa proses tektonik/vulkanik di Hijaz ternyata masih berlangsung aktif.

 Proses tektoniknya ternyata adalah hasil dr  terbukanya Laut Merah (rifting) sehingga dataran Afrika & Arabia semakin menjauh dg pergeseran kearah timur laut sebesar 26mm/th. Yg mana proses ini mngakibatkan magma yg berada di bawah permukaan muncul ke permukaan melalui rekahan yg ada, sehingga membentuk gunung2 kecil di dataran Hijaz.

 Setelah memahaminya, saya lgsung terkesiap ketika teringat hadist Rasul SAW yg ada di kitab hadist Muslim, yg tertulis sbb :

_”Hari kiamat tak akan tiba seblm api keluar dr  bumi Hijaz, yg menerangi leher2 unta di Bushra (Suriah) “._

Dulu ketika membaca hadist tsb, saya bingung memikirkan api  ini dr mana ya..? Rupanya magma dr bawah Hijaz yg keluar ke permukaan..!!!

SubhanALLAH, krn Rasul SAW dg bimbingan ALLAH SWT, tlh lnh tahu 14 abad lnh dulu dr para ahli geologi yg baru mengenal teori tektonik lempeng (plate tektonik) di abad ke 20. 

Rasul SAW tlh tahu bhw ada api (magma) yg menunggu di bawah Hijaz uk keluar ke permukaan &  akan terlihat smp Suriah, sometimes….someday……., sbg pertanda kiamat….

Sejak itu setiap kali saya dtg lg ke tanah suci, baik utk mengerjakan haji atau umroh, saya sll menikmati singkapan2 geologi di Hijaz krn disinilah kiamat  akan bermula…

Selamat berpuasa 

🌱🍂

Anak tidak harus rangking

Tulisan berikut ini sangat baik untuk direnungkan, copas dari seorang teman, yang isinya juga senada dengan yg pernah saya tulis.

Belajar dari kasus gantung diri pelajar SMP 2 manisrenggo krn dimarahi ibunya lepas pengumuman hsl UN nya yg jelek…

Untuk yg anak anaknya masih sekolah dan sdh selesai UN/UAS, ini Surat seorang Kepsek ke ortu murid/siswa_*
_Kepada Para Orangtua,_
_Ujian anak Anda telah selesai . Saya tahu Anda cemas dan berharap anak Anda berhasil dalam ujiannya._
_Tapi, mohon diingat, di tengah-tengah para pelajar yang menjalani ujian itu, ada calon seniman, yang tidak perlu mengerti Matematika._
_Ada calon pengusaha, yang tidak butuh pelajaran Sejarah atau Sastra._
_Ada calon musisi, yang nilai Kimia-nya tak akan berarti._
_Ada calon olahragawan, yang lebih mementingkan fisik daripada Fisika… di sekolah._
_Ada calon photografer yang lebih berkarakter dengan sudut pandang art berbeda yang tentunya ilmunya bukan dari sekolah ini._
_Sekiranya anak Anda lulus menjadi yang teratas, hebat! Tapi bila tidak, mohon jangan rampas rasa percaya diri dan harga diri mereka._
_Katakan saja: “tidak apa-apa, itu hanya sekedar ujian.” Anak-anak itu diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar lagi dalam hidup ini._
_Katakan pada mereka, tidak penting berapapun nilai ujian mereka, Anda mencintai mereka dan tak akan menghakimi mereka._
_Lakukanlah ini, dan di saat itu, lihatlah anak Anda menaklukkan dunia. Sebuah ujian atau nilai rendah tak akan mencabut impian dan bakat mereka._
_Dan mohon, berhentilah berpikir bahwa hanya dokter dan insinyur yang bahagia di dunia ini._
_Hormat Saya_
_Kepala Sekolah_
_*silahkan di share, sekiranya bermanfaat dan dapat menyadarkan kita ttg sudut pandang terhadap anak” kita*_

Recehan jadi jutaan