GTT JADI PNS OTOMATIS


Guru tidak tetap,pegawai tidak tetap dan honorer di instansi pemerintah yang mempunyai masa kerja minimal 3 tahun akan langsung diangkat jadi PNS. Namun hal itu baru akan terlaksana jika revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara disetujui. RUU itu menjadi peluang dihapusnya moratorium PNS yang masih berlaku sampai sekarang. Informasi ini tentu saja menjadi angin segar bagi para GTT dan honorer yang sudah cukup lama mengabdi di instansi pemerintah,terlebih banyak para GTT maupun honorer yang sudah mengabdi lebih dari 5 tahun.
Saat ini regulasinya telah menjadi prioritas di DPR., BAHKAN PADA HARI selasa ini tanggal 13 Desember akan dilakukan pemaparan pandangan fraksi DPR RI terkait RUU tersebut. Banyak GTT dan honorer serta pegawai tidak tetap berharap agar DPR dapat menyetujui revisi UU terkait. Jika DPR menyetujui revisi UU tersebut maka mereka yang sudah mengabdi cukup lama di instansi pemerintah tentu akan bernafas lega,mengingat selama ini gaji mereka sangat jauh dari UMR. Bagaiamana kita tidak mengelus dada jika honor GTT setiap bulannya tidak lebih dari tiga ratus ribu. Bagaimana mereka bisa hidup dengan gaji sebesar itu di jaman sekarang.

Terkait usulan dalam revisi UU ASN ada 4 usulan pokok, yaitu

Usulan pertama yang diajukan, yaitu pegawai yang belum berstatus PNS dan mengabdi di instasi pemerintah diangkat menjadi PNS secara langsung.


“Pegawai honorer atau pegawai tidak tetap, pegawai tetap non PNS, dan tenaga kontrak pada saat UU ini diundangkan yang bekerja pada instasi pemerintah agar diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara langsung,” kata Rieke di Gedung DPR RI Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (23/11/2016).
Kedua, lanjut Rieke, pengangkatan PNS dilakukan‎ dengan memprioritaskan mereka yang memiliki masa kerja paling lama atau bekerja pada bidang fungsional, administratif, dan pelayan publik.
“Seperti bidang pendidikan, kesehatan, penelitian, penyuluh pertanian pada bidang yang sama secara terus menerus tanpa ada batasan usia,” ujarnya.
Ketiga, Rieke mengusulkan agar pengangkatan PNS dilakukan dengan mempertimbangkan masa kerja, gaji dan tunjangan yang diperoleh, sehingga kualitas hidup ASN lebih baik.
“Dengan ketentuan kualitas hidup dan kesejahteraan pegawai tidak boleh berkurang dan lebih buruk dibandingkan sebelumnya,” kata Rieke menegaskan.
Keempat, revisi UU ASN mengamanatkan pengangkatan PNS dilakukan secara bertahap dan harus selesai dilakukan paling lambat 3 tahun semenjak revisi disahkan. “Serta peraturan turunan perundang undangan i‎ni selambat-lambatnya dibuat enam bulan sejak diundangkan,” tutur Rieke.
Panja Revisi UU ASN menargetkan UU sudah disahka Maret 2017. Pasalnya, hanya revisi UU ASN-lah pintu masuk satu-satunya bagi honorer kategori dua (K2) untuk diangkat CPNS. Menurut Ketua Panja Revisi UU ASN Arief Wibowo, pertengahan bulan ini pihaknya akan mengagendakan rapat penyusunan draft revisi UU tersebut. Setelah draft ditetapkan, baru diajukan ke paripurna untuk dijadikan UU inisiatif DPR.

“Saya sudah berbicara dengan honorer K2, bahwa Januari tidak bisa UU disahkan. Karena prosedurnya itu, harus susun draft dulu kemudian dibawa ke paripurna. Setelah itu mengajukan surat ke presiden untuk kemudian presiden menetapkan siapa kementerian yang akan membahas revisi UU ASN dengan DPR,” papar Arief. Politikus PDIP ini menambahkan, target Maret bisa terealisasi karena revisi UU ASN merupakan kesepakatan bersama antara pemerintah dan DPR yang diputuskan dalam rapat paripurna untuk jadi prolegnas 2016.

“Pemerintah harus mau membahas bersama DPR. Sebab, masalah honorer harus segera dituntaskan. Apalagi dalam UU ASN tidak satu pun pasal yang mengakomodasi mereka,” terangnya.‎ (dari berbagai sumber)

Iklan

One thought on “GTT JADI PNS OTOMATIS

  1. Nasib honorer tergantung pemerintah. kami sudah mengabdi kepada negara. mencerdaskan anak bangsa dari sejak dini. bukankan do’a orang tua selalu seperti itu. Punya anak soleh solehah berbakti kepada orang tua berguna bagi agama nusa dan bangsa. Seberapapun honor yang kami terima InsyAlloh berkah… Orang” yang duduk di kursi pemerintahanpun kami yakin beliau beliau mewujudkan do’a orang tua bisa berguna bagi bangsa dan negara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s