BENDERA PALESTINA RESMI DI PBB 30 September SETAHUN YANG LALU

Bendera PalestinaImage copyrightAPImage captionPalestina masih merupakan pengamat dan bukan anggota penuh PBB.

Alhamdulillah, perjuangan tidak akan sia-sia, setelah puluhan tahun perjuangan dilakukan,termasuk Indonesia yang konsisten mendukung Palestina, akhirnya bendera Palestina resmi dikibarkan di kantor pusat PBB di New York. Presiden Otorita Palestina, Mahmoud Abbas, menghadiri upacara simbolis pengibaran bendera Palestina di kantor pusat PBB di New York, Rabu 30 September waktu setempat, setahun yang lalu. Tahun 2016 ini adalah setahn bendera Palestina itu berkibar,dan masih berkibar sampai sekarang.

Dalam upacara yang dipimpin Sekjen PBB Ban Ki-moon, Abbas menyerukan agar badan dunia tersebut juga memberikan keanggotaan penuh bagi Palestina di tengah kebuntuan proses perdamaian dengan Israel. Pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada pertengahan Septembermemutuskan agar bendera Palestina dikibarkan di kantor pusat PBB walau statusnya masih berupa pengamat.

Sebelumnya, di Majelis Umum PBB, Abbas mengatakan bahwa rakyat Palestina tidak terikat lagi dengan kesepakatan-kesepakatan yang ditandatangani dengan Israel.

Mahmoud AbbasImage copyrightAFPImage captionPresiden Otorita Palestina, Mahmoud Abbas, mencium bendera Palestina sebelum dikibarkan.

Dia menuduh Israel secara terus menerus melanggar Kesepakatan Oslo yang ditandatangani tahun 1993. “Oleh karena itu kami menyatakan tidak bisa lagi terus terikat dengan kesepakatan-kesepakatan dan Israel harus mengemban tanggung jawabnya sebagai kekuatan pendudukan.”

Kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pidato Abbas ‘culas dan memicu hasutan serta keonaran di Timur Tengah’. Saat ini perundingan damai Israel dengan Palestina mengalami kebuntuan setelah ambruknya perundingan pada April 2014 lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s