MENDOAN MILIK RAKYAT BUKAN FUJI WONG

Nama mendoan itu identik dengan Banyumas dan sekitarnya (Banyumas,Purbalingga,Cilacap, ,Banjarnegara, sebagian Kebumen. Orang jika mengatakan mendoan maka konotasinya adalah tempe khas yang berasal dari wilayah tersebut. Tempe mendoan sudah ada sejak dulu turun temurun,dan diproduksi oleh rakyat banyak,mulai dari pengrajin tempe mendoan kelas teri sampai kelas kakap. Nama khas mendoan ini sudah ada sejak dulu di wilayah Banyumas,maka menjadi nama generik seperti halnya tempe, lanting,gembus, bongkrek dan lain-lainnya.

Maka menjadi aneh jika Kemenkumham melalui Dirjen Hak paten memberikan hak ekslusif nama mendoan kepada Fuji Wong. Fudji Wong mengantongi hak eksklusif merek ‘Mendoan’, tempe khas Banyumas, Jawa Tengah. Meski mengantongi merek ‘mendoan’ ternyata ia bukanlah pengusaha di bidang tempe. “Dulu saya patenkan usaha saya, ada air minum, ada salon dan lain-lain. Saya terpikir juga mendoan ini sudah ada yang daftarin belum. Nah, ternyata belum. Makanya saya daftarkan,” kata Wong kepada wartawan di rumahnya, Jalan Jenderal Suprapto, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/11/2015).(sumber :detik.com). Wong tumbuh besar di Purwokerto dan selepas SMA bekerja di Jakarta dan kembali ke kampung halamannya untuk bisnis air minum. Selama ini, ia tidak pernah bergelut di bidang olahan makanan, baik tempe, keripik, tahu, mendoan atau lainnya, oleh karena itu aneh jika ia mendaftarkan paten mendoan,dan menjadi pemilik ekslusif.

Ada konsekwensi hukum jika hal ini dibiarkan. Orang tidak bisa lagi seenaknya menggunakan nama mendoan atau menyediakan mendoan di warung tanpa seijin pemilik hak merk/nama. Orang juga tidak lagi bisa membuat mendoan tanpa seijin Fuji Wong. Meskipun alasan Fuji Wong mendaftarkan nama mendoan agar nama ini tidak lepas dari Bayumas, tetapi kita tidak tahu apa yang ada dalam pikirannya di balik itu, bisa jadi keuntungan finansial yang ingin didapatkan dengan memegang hak ekslusif nama mendoan. Oleh karena itu rakyat Banyumas tidak bisa tinggal diam begitu saja dengan membiarkan Fuji Wong sebagai pemegang nama ekslusif mendoan,karena bukan dia, atau nenek moyangnya yang mengenalkan mendoan di bumi Bayumas ini. MENDOAN IS BANYUMAS CULINERY. NOT FUJI WONG ONLY.

  
Inilah wajah Fuji Wong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.