MANUSIA TEMPATNYA MENGELUH

Berbukan-bulan Indonesia mengalami kemarau panjang, bahkan akibat kemarau panjang ini pula berbulan-bulan Sumatra,Kalimantan diselubungi kabut asap yang tak kunjung selesai akibat hujan tak kunjung turun. Purwokerto berminggu-minggu panas menyengat, bahkan karena panasnya tidak ada seorangpun yang tidak kegerahan (kecuali di kamar berAC). Panas menyengat yang membuat aktivitas di luar ruang tidak nyaman,sementara air juga mulai berkurang. Manusia mengeluhkan dengan kondisi ketidak nyamanan panas ini. Berbagai upaya dilakukan oleh manusia, termasuk sholat istisqa, sholat minta hujan.

Sejak kemarin sore Purwokerto diguyur hujan hampir merata,setelah sebelumnya gerimis hanya turun di beberapa tempat. Nampaknya hujan kemarin belum cukup sehingga dilanjutkan pagi ini yang juga merata di wilayah Purwokerto. Kita patut bersyukur,begitu indahnya nikmat Allah 2 hari terakhir ini. bau tanah terkena air hujan pertama sungguh terasa seperti parfum yang paling mahal di dunia,bahkan tidak ada bandingannya. Kita patut bersyukur karenanya, tetapi…….

Sebagian manusia lagi masih mengeluh juga. ” ah masih pagi gini mau berangkat (ke kantor, ke sekolah, ke kampus) sudah hujan,lebat lagi”. Manusia itu memang aneh. Diberi nikmat kemarau berkepanjangan mengeluh dan minta hujan. Diberi hujan baru sekali saja sudah mengeluh kok pagi-pagi sudah hujan. Kapan manusia-manusia seperti itu bersyukur ? Padahal manusia yang pandai bersyukur, apapun kondisinya itu sungguh nikmat. Beban yang berat terasa ringan. Capaian yang terlalu jauh terasa dekat. Angan-angan yang tinggi serasa rendah, karena itu pandai-pandailah bersyukur.

Ah…… Manusia memang tempat berkeluh kesah, hanya orang-orang yang pandai bersyukur yang tidak pernah mengeluh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.