HIDUP ITU PILIHAN

Kemarin ada mahasiswa konsultasi tentang studinya. Dia katakan ingin kuliah sekaligus nyambi kerja di Jakarta apakah bisa. Saya katakan bagaimana mungkin jika kuliah jalan tetapi pekerjaan juga diterima jika lokasi amat sangat jauh. Bagaimana mengatur kuliahnya dan bagaimana mengatur ritem pekerjaannya. Mahasiswa tersebut juga mengatakan bagaimana kalau ambil cuti. Saya katakan perubahan saat ini begitu cepat,lalu bagaimana kalau saat ambil cuti ada perubahan kurikulum,apakah siap dengan konsekwensi kemunduran studi yang mungkin di luar perkiraan. 

Hidup itu pilihan,semua mempunyai konsekwensi atau resiko,semenyenangkan apapun atau bahkan sesakit apapaun. Tidak ada pilihan yang tidak mempunyai konsekwensi. Misalnya jika dia memilih pekerjaan,memang akan mendapatkan uang dengan nominal tertentu,tetapi tentu saja akan mengorbankan masa studinya,dan apakah hasil yang diperoleh dari kerja sebanding dengan pengorbanan studinya. Sebaliknya jika ia memilih menyelesaikan studinya dengan mengorbankan tawaran pekerjaaan,apakah akan sukses dengan menyandang predikat sarjana pendidikan di kemudian hari.

Memang banyak orang-orang sukses yang tidak berhasil di bidang akademik ( baca: lulus sarjana), tetapi juga tidak sedikit lulusan pendidikan tinggi yang hanya menjadi beban (bertahun-tahun nganggur dan tidak bisa menciptakan pekerjaan). Manusia tinggal memilih mana yang akan diambil dan konsekwensi apa yang akan diterimanya. Semua butuh pemikiran yang tidak bisa diambil terburu-buru,karmena apapun konsekwensinya harus bisa dan berani menerimanya. Jadi hidup itu sebuah pilihan untuk menentukan langkah, terserah mau mengambil langkah yang mana, dan tentu saja dengan segala konsekwensi untung ruginya, susah senangnya, sakit sehatnya, sejahtera tidaknya.

  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s