Dari mana membetulkan kesalahan ?

Pagi ini saya menguji praktek mengajar yang sedang membicarakan timbangan. Memang kelas 2 belum membicarakan tentang satuan berat,tetapi baru mengenalkan alat ukur, tapi ini jadi mengingatkan saya tentang kesalahan yang sifatnya umum di Indonesia selama puluhan tahun tentang konversi berat.

Dalam pelajaran di sekolah dasar sejak saya dulu masih di SD selalu diajarkan bahwa satuan berat terdiri dari ton,kwintal,kilogram, ons, gram dan miligram. 1 ton sama dengan 1000 kg, 1 kwintal sama dengan 100 kg,1 kg sama dengan 10 ons dan 1 ons sama dengan 100 gram. Ternyata dalam daftar konversi tidak ada konversi model pelajaran di SD tersebut. Berdasarkan acuan baku standar internasional 1 kg sama dengan 35,274 ons dibukatkan jadi 35 gram dan 1 ons sama dengan 28,349 gram dibukatkan jadi 28 gram. Bayangkan jika ada resep obat yang tidak menyebutkan standar gram tetapi dengan ons,yang harusnya dibuat gram menjadi 28.349 gr karena kesalahan konsep diubah menjadi 100 gram,maka obat itu akan menjadi over dosis dan bisa jadi pasien meninggal gara-gara kesalahan konversi yang tidak benar.

Jika kita bertanya pada pedagang si pasarpun sudah dengan mudah dipahami bahwa 1 ons sama dengan 100 gram,artinya kesalahan yang berlarut-larut ini akan tetap berlangsung terus menerus selama belum ada perubahan konsep pelajaran di SD. Kalau demikian halnya sampai kapan kesalahan konsep konversi itu akan tetap berlangsung dan dari mana perbaikan konsep dimulai jika sudah menjadi kesalahan umum seluruh Indonesia. Mari kita benahi kesalahan konsep tersebut sedikit demi sedikit,paling tidak dimulai dari anak-anak SD

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.