RUANG KELAS MINI SISWA MAKSI

Ada sebuah kelas SD yang menurut saya sangat tidak layak karena ukuran kelasnya yang kecil dengan jumlah siswa yang besar. Ukuran kelas jika dilihat dari eternitnya berukuran 3×6 meter,yang berarti hanya 18 meter persegi,sementara jumlah muridnya adalah 27 anak. Dengan kondisi kelas semacam itu maka setiap bangku dengan terpaksa diisi dengan 3 siswa,sehingga terkesan berhimpitan.Bagaimana mungkin pelaksanaan kurikulum 2013 bisa berjalan dengan maksimal jika kondisi kelasnya semacarm itu. Kasus-kasus di lapangan seperti inilah yang mungkin tidak dilihat pada pejabat di tingkat pusat. Semestinya pejabat harus lebih banyak melihat lapangan sehingga dalam mengambil kebijakan juga berdasarkan lapangan,misalnya dalam kasus di atas bagaimana memberikan keleluasaan ruang belajar dengan merenovasi dan memperluas kelas sesuai dengan ukuran yang standar. Hal semacam ini tentunya perlu mendapatkan perhatian lebih setelah prioritas gedung-gedung sekolah yang hampir roboh. Jangan biarkan gedung SD roboh,tetapi juga jangan biarkan anak tidak nyaman dalam belajar karena ruang yang sempit,sehingga untuk bergerak saja tidak bisa.
Sempitnya ruang kelas tentunya tidak bisa ditimpakan hanya pada pihak sekolah,tetapi juga yang punya kebijakan di atasnya. Jika sekolah diminta membatasi jumlah murid lalu kemana mereka harus belajar,sementara hanya itu satu-satunya sekolah yang terdekat dari pegunungan tempat anak-anak tinggal

IMG_4644.JPG
Semoga dengan melihat foto ini para pejabat ikut memikirkan kelanjutannya,tetapi jangan sekedar memikirkan,juga dengan tindakan yang diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.