STATUS ATAU PENGHASILAN

KEJARLAH STATUS, PELUANG BELUM DIDAPAT

APRIL nanti UMP melaksanakan wisuda untuk kesekian kalinya. Sebagian besar wisudawan,khususnya dari Fakutas Keguruan berorientasi untuk menjadi PNS. Ini adalah efek peninggalan penjajah Belanda yang mendidik bangsa jajahanya menjadi bermental ambtenar. Mental ambtenar adalah mental untuk menjadi pangreh praja atau pegawai negeri (pada waktu itu). 
Jaman sekarang sudah berubah,tetapi orientasi menjadi pegawai negeri masih cukup besar. Banyak dari warga bangsa ini yang rela mengabdi bertahun-tahun (bahkan ada yang sampai 15 tahun) dengan gaji hanya Rp.200.000 per bulan, untuk bisa masuk katagori K2, yang ternyata tidak lolos juga. Artinya sekian tahun kesempatan itu hilang sia-sia,karena pengabdian dengan penghasilan yang tidak seberap masih juga tidak menjadi jaminan untuk bisa menjadi PNS.
Bayangkan jika mereka mau bekerja di swasta dengan gaji yang mungkin “hanya” 2 kalinya saja tetapi jika diakumulasikan dalam sekian tahun justru akan sangat jauh melebihi wiyata bakti di negeri. Oleh karena itu perlu mengubah mindset atau orientasi dalam bekerja. Jika orientasinya adalah status (baca PNS) maka sampai kapanpun akan selamanya tetap menunggu,dan mungkin peluang yang mungkin lebih besar justru akan hilang,tetapi jika orientasinya penghasilan maka perlu menghilangkan cara berpikir bahwa harus PNS,tetapi baik negeri maupun swasta sama saja,bahkan mungkin di swasta bisa jauh lebih tinggi dan lebih makmur dibanding negeri. Jika anda ingin diterima negeri maka jembatan untuk itu yang paling masuk akal adalah ikut SM3T,tetapi siapkah anda ikut SM3T.
Selamat berpikir dan mengubah mindset

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.