KESALAHAN KONSEP KILOGRAM DAN ONS

Saya ketika membaca status bu Shanty Hawanti yang Doktor filosofi tentang kg ons dan gram dengan mengunggah tulisan temannya yang menjelaskan konsep selama ini salah,saya jadi teringat dengan daftar konversi internasional yang saya punyai. Saya sewaktu pertama kali membaca daftar konversi tersebut memang bingung juga mau dari mana kesalahan itu diperbaiki,karena itu sebuah kesalahan nasional dan sudah menjadi wabah. Para bakul di pasarpun sudah memahami kalau 1 kg adalah 10 ons dan 1 ons adalah 100 gram. Jika kita meminta guru SD yang pertama kali mengajarkan istilah itu untuk mengoreksi maka pertanyaannya bagaimana mungkin jika buku-bukunya saja masih menggunakan konversi yang salah sehingga kalau siswa menjawab konversi yang benar justru menjadi salah,tetapi jawaban sesuai konversi yang salah justru benar. Persoalan ini menjadi dilema bagi guru untuk memutuskan,apakah harus menjelaskan konsep yang benar atau konsep yang salah tetapi dianggap benar.

Daftar konversi yang berlaku secara international memang menyebutkan 1 kg = 35,27 Ounces atau Oz atau biasa disebut ons. 1 kg = 32,15 ounce atau oz (troy). Perbedaannya adalah dalam ounce (troy) dan ounce (bukan troy). Skala 1 ounces atau ons atau oz = 28,35 gram atau jika menggunakan 1 ounce (troy) atau ons atau oz = 31,10 gram.
Penjelasan tentang troy adalah sistem berat troy, umumnya dipakai untuk penimbangan logam,secara eksak ditentukan dengan 1 ounce troy adalah 0,0311 kg. 1 ounce trouy equivalen dengan 1,097 avoirdupois ounce. Sistem troy digunakan untuk penimbangan platina,emas dan perak,sedang avoirdupois ounce atau ons dalam pengertian umum digunakan untuk perdagangan umum. Nah kalau demikian benar kata bu Shanty bagaimana mungkin kesalahan turun temurun ini masih berlanjut terus, mari kita perbaiki bersama. Tetapi bagaimana kalau pemahaman yang salah itu sudah dimiliki mulai dari Presiden sampai rakyat jelata ? Yah,simpulannya bangsa kita sudah terbiasa dengan konsep yang salah tetapi dibenarkan secara umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.